BRAVO! Tiga Strategi TNI-Polri Dukung Pemerintah Sukseskan Program Vaksinasi Nasional

“Tidak hanya dalam sisi pengamanan stok maupun distribusi vaksin, TNI juga membantu dalam pelaksanaannya,” ujar Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen TNI Syafruddin dalam keterangan pers menyambut kedatangan vaksin COVID-19 Tahap ke-61 di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, secara virtual, Selasa, 14 September 2021.

Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan TNI dan Polri untuk turut mendukung program penanganan COVID-19, termasuk program vaksinasi nasional.

Asops Panglima TNI menjelaskan, dalam melaksanakan vaksinasi tersebut TNI-Polri menerapkan tiga strategi.

Pertama, dengan cara statis yang melibatkan 109 rumah sakit dan 694 fasilitas kesehatan tingkat pertama TNI.

Kedua, secara mobile atau vaksinasi dari pintu ke pintu (door to door).

Ketiga, melalui Program Serbuan Vaksinasi yang melibatkan tiga pilar, yaitu Dinas Kesehatan, TNI, dan Polri. Hingga saat ini, TNI telah mengerahkan sebanyak 10.867 orang tenaga kesehatan TNI sebagai vaksinator untuk melaksanakan vaksinasi di 34 provinsi di Indonesia.

“TNI telah melaksanakan vaksinasi mulai bulan Maret 2021. Sampai dengan sekarang telah mencapai 14.027.775 [suntikan], yaitu 10.730.464 dosis satu dan 3.297.311 dosis dua,” jelasnya.

“Dalam mendukung upaya tersebut, Polri bersama TNI melakukan sejumlah program, di antaranya Serbuan Vaksin, Vaksin Merdeka, Vaksinasi Mobile, dan berbagai kegiatan yang bekerjasama dengan stakeholder terkait, seperti pondok pesantren, tempat ibadah, universitas, komunitas, dan lain sebagainya,” jelas Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto.

Asops Kapolri mengungkapkan, jumlah vaksin yang sudah terdistribusi ke Polri sejak Februari 2021 hingga September 2021 mencapai 36,7 juta dosis, dengan jumlah orang yang sudah divaksinasi mencapai 22 juta orang.

“Guna mendukung Serbuan Vaksinasi, Polri menurunkan personil Polri sebagai tenaga vaksinator sebanyak 5.371 personil, dengan gerai presisi Polri sebanyak 2.153 gerai,” imbuhnya.

Menutup keterangan persnya, Asops Panglima TNI mengimbau agar masyarakat mendukung program vaksinasi, tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, serta mematuhi aturan pembatasan mobilitas yang ditetapkan pemerintah.

“Semua bisa dilaksanakan jika kita segenap bangsa Indonesia bersatu, berusaha dan berjuang bersama-sama bergotong-royong menangani pandemi COVID-19. Semoga kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Allah Swt.,” tandasnya.

sumber: humas TNI
editor: tim ‘disruptive’ pensil

FOLLOW ME:
_Twitter: @infokabinetID
_IG: infokabinetID
_FB Group: INFOKABINET.id
_Fanpage: infokabinet.id

726 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Top