BURUAN DAFTAR! Ni Cara Ikutan Upacara HUT Ke-76 RI Bersama Presiden Jokowi Di Istana Secara Virtual

“Mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berpartisipasi memeriahkan pesta akbar kemerdekaan Republik Indonesia dengan turut serta mengikuti upacara secara virtual.Kali ini kami juga kembali memberikan kesempatan, mengajak, menggugah untuk bersama-sama kita hadir di acara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Bersama Presiden Joko Widodo di Istana,” ujar Yusuf Permana, Kepala Biro Protokol, Sekretariat Presiden, dalam peluncuran pendaftaran upacara virtual HUT ke-76 RI, yang digelar di halaman Istana Negara Jakarta, Jumat, 30 Juli 2021.

Yusuf menjelaskan bahwa masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam upacara virtual tersebut dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui laman Pandang Istana yang beralamat di di https://pandang.istanapresiden.go.id

Sekretariat Presiden pun telah mengalokasikan sebanyak 40 ribu undangan upacara virtual pada 17 Agustus 2021 mendatang. Pemohon yang mengajukan kuota undangan tersebut akan terlebih dahulu dilakukan verifikasi data untuk kemudian memperoleh pesan melalui WhatsApp dan surel yang berisi ketentuan untuk mengikuti jalannya upacara secara langsung melalui konferensi video.

“Kali ini kita melakukan pendaftaran jauh lebih besar lagi yang ini hampir mencapai 40 ribu peserta yang hadir secara virtual, baik masyarakat Indonesia di dalam negeri maupun masyarakat Indonesia yang di luar negeri, termasuk juga para diaspora tentu saja,” imbuhnya.

Pada peluncuran kali ini, Sekretariat Presiden juga memberikan hadiah bagi lima orang pendaftar pertama yang telah berhasil melakukan pendaftaran lewat laman pandang.istanapresiden.go.id. Oleh karena itu, Heru mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan menyosialisasikan kegiatan upacara virtual HUT ke-76 RI.

“Selamat mendaftar dan tolong disosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat,” ucap Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.

Untuk diketahui, upacara HUT RI secara virtual ini merupakan yang kedua kali digelar di masa pandemi Covid-19. Sebelumnya, Sekretariat Presiden juga menggelar upacara kemerdekaan secara daring pada HUT ke-75 RI dan menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas rekor peserta terbanyak. Sekretariat Presiden pun optimistis upacara virtual HUT ke-76 RI kali ini akan berjalan dengan baik dan lancar.

“Kalau bahasa sederhananya kalau tidak daftar akan merugi sekali jadi segera daftar, jangan sampai kehabisan tempat,” ujar Bey Machmudin, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, yang turut hadir dalam acara tersebut.

“Dengan mengucap bismillahirahmanirrahim, dengan ini kami buka pendaftaran upacara virtual HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia,” ucap Bey saat membuka secara resmi pendaftaran upacara virtual HUT ke-76 RI.

Antusiasme masyarakat untuk mengikuti upacara HUT ke-76 RI ini cukup tinggi. Hingga pukul 16.30 WIB, telah tercatat 2.110 pendaftar dari dalam negeri dan 14 pendaftar dari luar negeri.

Dikutip https://pandang.istanapresiden.go.id berikut alur dan syarat pendaftarannya:

1. Pendaftaran

– Mengisi formulir pendaftaran online melalui website pandang.istanapresiden.go.id dengan memilih menu DAFTAR kemudian ikuti petunjuk pengisian

2. Konfirmasi e-Mail

– Melakukan konfirmasi pendaftaran melalui link yang dikirim ke e-mail yang anda daftarkan.

3. Notifikasi

-Periksa e-Mail secara berkala untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

4. Mengikuti Acara

– Mengikuti rangkaian upacara sesuai permohonan melalui link yang akan dikirim melalui e-Mail yang telah didaftarkan

Syarat Mendaftar Videoconference

1. Daftar pada website https://pandang.istanapresiden.go.id.
2. Diperkenankan memakai pakaian adat pada saat upacara berlangsung.
3. Berada di tempat yang kondusif pada saat videoconference.
4. Memakai masker dan menjaga jarak jika menggelar videoconference secara bersama.
5. Pastikan perangkat kamera dan mikrofon berjalan dengan baik.
6. Selalu mengecek e-mail setelah mendaftar, terkait informasi gladi dan hari pelaksanaan.

sumber: BPMI Setpres
editor: tim ‘disruptive’ pensil

FOLLOW ME:
_Twitter: @infokabinetID
_IG: infokabinetID
_FB Group: INFOKABINET.id
_Fanpage: infokabinet.id

4,227 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Top