[OPTIMIS] Ketua MPR, Bamsoet: Ekonomi Nasional Tak Boleh Lumpuh Karena Covid-19

“Dampaknya tentu saja ke pasar modal. Banyak investor sudah menarik dananya dari pasar modal untuk ditempatkan pada instrumen investasi yang aman. Sektor penerbangan dan pariwisata bahkan sudah menghitung rugi,” ujar Bamsoet, Senin, 9 Maret 2020.

Bambang menilai inisiatif pemerintah Indonesia menerapkan sejumlah kebijakan stimulus ekonomi sudah tepat, sebagai countercyclical atas kerusakan akibat corona. Stimulus fiskal dan kemudahan prosedural ekspor impor, termasuk dukungan kepada UMKM, sangat relevan.

“Likuiditas yang besar itu idealnya memudahkan bank menyalurkan kredit murah untuk memaksimalkan produktivitas sektor riil,” kata Bamsoet, Ketua MPR.

Yang terpenting untuk diwaspadai dan disikapi oleh semua pihak adalah fakta bahwa wabah virus corona sudah menimbulkan kerusakan cukup serius bagi perekonomian, termasuk ekonomi nasional. Gambaran tentang kerusakan itu sudah menjadi pemberitaan dalam beberapa pekan terakhir. Lalu lintas ekspor-impor menurun karena melemahnya permintaan.

Ketua MPR Bambang Soesatyo menyatakan dirinya mendorong pemerintah untuk terus menyiapkan kebijakan stimulus ekonomi guna merespons dampak Covid-19. Stimulus ekonomi sangat diperlukan agar kerusakan yang terjadi saat ini tidak semakin parah.

Selain itu, semua kementerian dan lembaga (K/L), serta pemerintah daerah diharapkan memaksimalkan pemanfaatan anggaran belanja untuk mendongkrak produksi dan permintaan di dalam negeri.

tim diruptive pensil @infokabinetID

288 kali dilihat, 21 kali dilihat hari ini

Top